korea

korea traditional costume

Bukan sesuatu yang patut dibanggakan nih, sy barusan tahu kalau Korea itu nempel di Cina. Bukan dipisahkan oleh bentangan laut berkilo-kilo meter kayak Jepang dengan Cina.

Sebenarnya dari dulu sudah banyak hint ke sana, tapi baru beneran ngeh setelah baca artikel tentang asal nama provinsi-provinsi di Cina. Digambarkan Jilin dan Laoning berbatasan dengan semacam tanjung raksasa, tapi tanjung itu bukan termasuk wilayah Cina. Jadi apa dong? Akhirnya sy ngwikipedia Jilin, dan nyatalah bahwa Jilin itu berbatasan dengan Korea Utara.

Hint ke sananya apaan aja?

Pertama, berita2 ttg org2 yg menyeberang dari Korea Utara ke Cina dan sebaliknya, menyebut2 ttg sungai. Tapi info ini kena filter d*d*l di otak saya, jd lenyap tanpa meninggalkan jejak.

Yang kedua, Once Upon a Time in [sic] the Old Bridge, film Mandarin yang bercerita tentang pembangunan jembatan, jelas-jelas ditampilkan pancang batas negara di tengah sebuah jembatan (entah jembatan yang dibangun itu atau bukan), tapi lagi-lagi sy anggap tidak penting. Yeah I was ignorant like that.

Tidak ada komentar: