reformasi yosia

bakar

Jadi saya sedang baca 2 Raja-Raja 23 kan, ceritanya Raja Yosia melakukan reformasi di Yehuda. Ia berjanji utk hidup mengikuti TUHAN, dimulai dg membakar perkakas yg tadinya dibuat utk Baal-Asyera dkk.

Para imam dewa asing diberhentikan. Selain itu dia juga merobohkan petak2 pelacuran bakti. Bukit2 pengorbanan ada yang dirobohkan, ada yang dinajiskan.

Membaca ini, ada tiga hal yang tidak ada angin tidak ada hujan muncul di kepala saya. Yang pertama, saat imam2 tsb diberhentikan, apa tdk meminta surat pengalaman kerja? Kalau iya, bunyinya bagaimana?

"... menyatakan bahwa nama: Abdi Kamos; alamat: Jl Peranginan Ahas, Samaria, Yehuda; telah bekerja di PT Kamos Yehuda (BUMN) sejak tahun kedua pemerintahan Amon bin Manasye hingga tahun kedelapan belas pemerintahan Yosia bin Amon. Yang bersangkutan diberhentikan karena ijin operasi perusahaan dicabut."

Masa gitu? Lantas, para imam itu pada ngapain setelah diberhentikan? Pulang kampung dan menikmati masa pensiun ato gimana?

Hal kedua yang timbul di benak saya adalah tempat pembuangan akhir utk tiang berhala. Dibawa keluar kota, bener. Dibakar di tepi sungai Kidron, cocok. Tapi abunya kok, dicampakkan ke kuburan rakyat jelata? Kalau saya keturunan org yg dikubur d situ barangkali sudah protes: "Heh, buang abu berhala jangan di sini. Ini saya tiap tahun bayar retribusi kuburan sekian syikal perak, enggak murah. Enak aja kuburan engkong saya digabung2 dg berhala, kalo mau, berhalanya suruh gali lubang di sebelah sono, jangan lupa bayar retribusi."

Tapi mungkin juga tidak. Mungkin saya akan diam saja, sama pasukan pengawal raja eike takut bo'.

Hal ketiga... Sebelah timurnya Yerusalem itu ada tempat yang namanya Bukit Kebusukan. Kayak enggak ada nama lain aja. Tapi bukan itu yang bikin sy kepikiran. Di sisi selatan Bukit Kebusukan itu penuh tugu. Ada yg utk Asytoret, ada yg utk Milkom, dsb. Raja Yosia merusakkan tugu2 itu lalu menimbuni tempat2 tsb dg tulang2 manusia.

Lha, ngapain seorg raja menyimpan tulang2 manusia di gudang? Trus ada kartu stok femur, kartu stok fibula, sklera, gt?

... Ato kalo dugaan saya benar...

Sebelum menabur abu tiang berhala ke kuburan rakyat jelata tadi, kuburannya dikosongkan dulu. Nenek moyang yang sudah berupa tulang-belulang diangkut ke Bukit Kebusukan.

LSM-LSM Timur Tengahnya mana ini? Oposisi raja enggak kirim tenda dan sembako ke rakyat yang nenek moyangnya (kemungkinan) digusur paksa? Perkumpulan Yahudi Jakar--Yerusalem, maksud saya Perkumpulan Yahudi Yerusalem engga bertekad melengserkan Yosia?

Jadi saya sedang baca 2 Raja-Raja 23 kan, ceritanya saya bersyukur hidup di Indonesia tahun kedua pemerintahan Joko bin Noto, HAM beda banget dg jaman Yosia.

Kayaknya perlu ada disclaimer deh, demi manghindari salah sangka. Sy bukan anti reformasi yg digawangi Yosia, hny sekadar menulis apa yg terlintas di pikiran saat membaca kisah ini utk kali yang kesekian.

Tidak ada komentar: