ngemil setahun dihapus ngegym sehari

ngemil

'Ngemil setahun dihapus ngegym sehari'. Alangkah indahnya jika ungkapan tersebut benar adanya! Namun di dunia nyata, yang jamak terjadi adl sebaliknya. Ngegym setahun dihapus ngemil sehari: sudah susah-susah berdiet dan olahraga selama beberapa waktu, lalu karena merasa aman mencoba mencicipi cemilan. Dan, boom! Angka yang tertera di timbangan Anda pun melipatgandakan diri.

Masih seputar berat badan, ada satu cerita. Celana santai sy utk di rumah tadinya hanya terdiri dari dua warna: kalo bukan kuning, ya pink. Kalo bukan pink ya kuning. Karenanya si anu tergoda utk mengungkapkan pendapat dalam bentuk puisi. Demi melestarikan budaya Indonesia, ia menggunakan bahasa Jawa utk puisinya tersebut.

wetenge njembling
berkathok kuning

Bila kebetulan celana sy berwarna pink:

wetenge njembling
berkathok pink

Yang mana merupakan faktor pendorong bagi sy utk berada di sebuah pusat perbelanjaan hari itu, membeli beberapa potong celana santai utk dipakai di rumah. Warna yang berbeda, tentu saja. Kalau perlu semua celana yg berwarna pink dan kuning sy musnahkan sekembalinya ke rumah nanti.

Saat sy sampai di rumah, ternyata ia sedang keluar. Baguslah. Segera sy potongi itu tuh, entah apa namanya, kertas yang bertuliskan merk dan harga pada celana-celana baru sy tersebut, comot salah satu, lalu duduk dengan posisi menantang menanti kedatangannya.

bayi
Berganti pose beberapa kali dalam prosesnya.


Tak lama terdengar bunyi pintu terbuka dan masuklah org yg sy tunggu-tunggu ke dlm rumah. Awalnya si anu tidak memperhatikan adanya perubahan. Kemudian ia tertegun. Lalu membuka mulutnya utk berkata:

wetenge lemu
berkathok biru

... Semua celana yg baru sy beli warnanya biru.

... Pembaca yang budiman, adakah di antara Anda yang berpengalaman menyembunyikan mayat orang?

kandang ayam
Diam kau, Magriet. Di bawah kandang ayam sekrg adalah tempat yg akan pertama-tama diselidiki oleh polisi.


Glossary:
wetenge: berasal dari kata 'weteng'. Bahasa Jawa. Artinya perut. Wetenge artinya perutnya.
njembling: buncit.
berkathok: campuran antara awalan bahasa Indonesia 'ber-' dan bahasa Jawa 'kathok'. Artinya bercelana. Kalau hanya bahasa Jawa, kathoke.

Tidak ada komentar: